Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Berita Terkini

Militansi Pendamping PKH Wujudkan KPM PKH Sejahtera Mandiri

Pemerintah telah menargetkan sebanyak 800.000 keluarga penerima manfaat program keluarga (KPM PKH) harapan graduasi secara mandiri tahun 2019.  Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan untuk bisa memenuhi target tersebut setiap Pendamping Program Keluarga Harapan harus militan dalam mewujudkan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial 17-06-2019

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH 

Jakarta, Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru .  Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan korban bencana alam seperti korban banjir di Konawe Utara karena dalam perjalanan waktu tentunya ada pergantian kepersertaan PKH. 

Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial 12-06-2019

Kisah Dedah, Dulu Miskin Kini Tolak Program Keluarga Harapan

Ciamis - Mendapat bantuan dari program pemerintah menjadi dambaan bagi warga miskin. Namun tidak untuk Dedah (42) dan keluarganya. Ia secara sukarela memutuskan mundur menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Sebelumnya Dedah tercatat menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program PKH. Selama 8 tahun ia mendapat bantuan tunai untuk keperluan anak-anaknya sekolah. Ia memutuskan untuk keluar dari PKH setelah anaknya yang kedua lulus SMK. Sedangkan anaknya yang ketiga kini masih duduk di bangku sekolah dasar.

Detik.com 11-06-2019

Kementerian Sosial bekerja sama dengan World Bank mengadakan “Workshop on Technical Assistance World Bank for PKH”

Dalam rangka review bantuan teknis World Bank yang ditujukan bagi reformasi bantuan sosial Program Keluarga Harapan melalui Program for Result. Dalam arahannya, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat berharap melalui kegiatan ini, reformasi bantuan sosial PKH melalui dukungan teknis dari World Bank dapat di evaluasi secara cermat dan detail.

Humas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial  Kementerian Sosial RI 28-05-2019

Percepatan Pencairan PKH Menyebabkan Kemensos Menduduki Pertama Realisasi Anggaran

Percepatan penyaluran Program Keluarga Harapan mendorong peningkatan realisasi penyerapan anggaran di Kementerian Sosial. Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyerapan anggaran Kementerian Sosial (Kemsos) tertinggi mencapai Rp 27,7 triliun atau 47,03% dari target APBN 2019. "Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penyerapan belanja K/L antara lain kelanjutan kebijakan percepatan kegiatan melalui lelang dini dan percepatan penyaluran belanja bantuan sosial seperti PKH, bidik misa, dan PBI (untuk mendukung keberlangsungan program JKN)," kata Kemkeu dalam laporannya yang dikutip Kontan.co.id, Minggu (26/5).

Kontan.co.id 27-05-2019

2019, Penerima PKH Akan Diverifikasi Lewat Pemeringkatan 

[JAKARTA] Sejak tahun 2007, bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) terus menambah formulasi program. Harapannya, bansos ini tidak sekadar memberi bantuan, tapi juga ada pemberdayaan sehingga keluarga penerima manfaat bisa mandiri ketika tidak lagi mendapatkan bansos. Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemsos Harry Hikmat mengatakan, di tahun 2019 pemerintah akan verifikasi melalui sistem pemeringkatan KPM PKH. Jika ditemukan sudah layak graduasi, maka akan dievaluasi sehingga periode berikutnya tidak lagi mendapatkan bansos. Saat ini, tahapan untuk graduasi diproyeksikan selama 36 bulan (3 tahun). Dalam periode itu, KPM PKH mendapatkan berbagai peningkatan kapasitas keluarga oleh pendamping PKH melalui pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2).

Suara Pembaruan 27-05-2019

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN 

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel. Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan OM-SPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) yang diciptakan oleh Kementerian Keuangan adalah aplikasi berbasis WEB yang dapat diakses melalui jaringan Intranet dan Internet yang digunakan untuk melakukan monitoring transaksi sistem SPAN dan menyajikan reporting sesuai kebutuhan.

Humas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial  Kementerian Sosial RI 21-05-2019

Kemensos Pastikan Ida Farida Mendapatkan PKH

Pemerintah mengabulkan harapan Ida Farida (54) warga Kawarang untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menelusuri keberadaan ibu ida melalui pekerja sosial (Peksos) supervisor guna memberikan bantuan.  “Laporan dari Peksos supervisor menyebutkan ibu Ida memenuhi syarat untuk masuk dalam PKH karena yang bersangkutan ada tanggungan lansia,” tegas Agus di Jakarta, hari ini. 

Joko Hariyanto 20-05-2019

Ubah Pola Pikir Konsuntif Jadi Produktif

Kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) RW 04 Dusun Cigadung Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman menekuni budidaya berbagai macam jenis ikan tawar. Melalui kegiatan itu, pendamping PKH Kecamatan Pataruman Asep Dani Cahyadi berharap ibu-ibu KPM tidak konsumtif, tapi bisa produktif.

Radar Tasik 15-05-2019

Kemenperin Beri Pelatihan KPM PKH Banyuwangi

Kementerian Perindustrian dan Kementerian Sosial melakukan sinergi dalam upaya menumbuhkan wirausaha industri baru khususnya sektorindustri kecil dan menengah (IKM). Kolaborasi ini untuk meningkatkan “kelas” para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). “Kami menindaklanjuti hasil Nota Kesepahaman dengan Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial tentang penumbuhan wirausaha baru sektor IKM bagi penerima manfaat PKH dan bidang kesejahteraaan sosial lainnya,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka(IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (14/5).

Humas Kemenperin 14-05-2019