Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Berita Terkini

Mensos : PKH Episentrum Penanganan Kemiskinan

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan Program Keluarga Harapan (PKH) di era pemerintahan Jokowi menjelma menjadi episentrum program-program penanganan kemiskinan.  “Ini terlihat dari penguatan program keluarga harapan (PKH) dari aspek perluasan jumlah penerima manfaat menjadi 10 juta keluarga. Peningkatan ini dinilai sebagai faktor yang berkontribusi besar terhadap penurunan angka kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia,” jelas Mensos.

Joko Hariyanto 02-05-2019

Menkeu : Penyebaran PKH Seuai Konsentrasi Kemiskinan

Menteri Keuangan Srimulyani menegaskan bantuan sosial Program Keluarga Harapan ditujukan agar masyarakat tidak mampu dapat akses pendidikan dan kesehatan. Untuk itu, ia meminta keluarga penerima tidak membelanjakan uang bantuan tersebut untuk membeli rokok.  Sri Mulyani mengatakan anggaran PKH tahun ini sudah dinaikkan dua kali lipat, dari Rp19,8 triliun di 2018 menjadi Rp34,4 triliun.  "Uang ini tidak untuk beli rokok ya. Uang ini dipakai agar anaknya bisa sekolah, fasilitas kesehatan, gizi yang cukup supaya anak-anak kita bisa belajar menjadi anak-anak yang pintar dan masa depannya jadi lebih baik," ujar Sri Mulyani dikutip dari laman resmi Kemenkeu, Senin (29/4).

CNN 30-04-2019

Pemkab Pariaman Tingkatkan Insentif Pendamping PKH

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat, mengupayakan meningkatkan uang insentif untuk pendamping program keluarga harapan (PKH) dari Rp500 ribu menjadi Rp1 juta per bulan. "Dinas terkait saya minta buat propasal, nanti anggaran insentif tersebut dimasukkan ke dalam anggaran perubahan 2019," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Senin.

Antara 30-04-2019

Kolaborasi Program  PKH Kementerian Sosial dengan Pemerintah Kota Depok 

Semakin banyaknya produk kerajinan yang dihasilkan oleh keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) mendorong pemerintah daerah ikut andil dalam pemasarannya. Berbagai cara dilakukan pemerintah daerah seperti membuat basar. 

SDM PKH Depok 29-04-2019

283  keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Cimahi Graduasi

Pemkot Cimahi Melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi melakukan graduasi terhadap 283  keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Cimahi.

Radar Nusantara 26-04-2019

Penerima PKH Jayapura Diverifikasi Ulang

Kepala Dinas Sosial, Irawadi mengatakan, pembayaran bantuan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai dalam Program Keluarga Harapan tahap kedua 2019 di Kota Jayapura, Papua, telah diverifikasi ulang. Dari verifikasi ulang itu, jumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan berkurang dari perhitungan awal Kementerian Sosial yang mencapai 9.978 warga menjadi 8.688 warga.

Tabloid Jubi 25-04-2019

Menggandeng Wirausahawan Millennial Dalam Membantu Mengentaskan Kemiskinan 

Ikatan Perempuan Profesional bersama Kementerian Sosial dan Kementerian mengajak wirausaha muda untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Staf Ahli Mensos Asep Sasa mengatakan keterlibatan generasi melenial dalam mengentaskan kemiskinan dengan mengembangkan wirausaha. Untuk itu, pemerintah akan menjembatani mereka dalam memperoleh akses permodalan dan pelatihan pengembangan usaha. 

Humas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial  Kementerian Sosial RI 25-04-2019

Bupati Serang : Pendamping Kunci Sukses PKH

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyatakan para pendamping program keluarga harapan (PKH) merupakan kunci sukses program dari pemerintah pusat yang selama ini telah membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah itu. "Keberhasilan PKH di Serang tidak terlepas dari peran aktif dari para pendampingnya, karena itu mereka perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah," kata dia usai memberikan bantuan kendaraan operasional bagi pendamping PKH di Serang, Banten, dikutip dari Antara.

Antara 24-04-2019

217 KPM Batang Secara Sukarela Mundur Dari PKH

Sebanyak 217 ibu-ibu KPM PKH hadir dalam kegiatan Gelegar Program Keluarga Harapan (PKH) di lapangan Desa Pangempon, Kecamatan Bawang, Minggu (21/4). Mereka mendapat bingkisan spesial dari Bupati Batang. Bingkisan terima kasih diberikan kepada 217 ibu-ibu, karena mereka dinyatakan lulus dari Program PKH dan secara suka rela bersedia mengundurkan diri dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ke-217 ibu-ibu tersebut sebelumnya merupakan penerima KPM, PKH berasal dari dua Kecamatan. Yakni Kecamatan Bawang dan Reban, mereka mengundurkan diri dengan alasan ekonomi sudah membaik, maka mereka memutuskan untuk keluar dari program PKH tersebut.

Suara Merdeka 23-04-2019

PKH Sukses Turunkan Kemiskinan di Indonesia

Berbagai program pengentasan dan penanggulangan kemiskinan yang digulirkan Pemerintah terus menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pemerintah mengklaim angka kemiskinan di negeri ini terus menurun berkat upaya Program Keluarga Harapan (PKH). Direktur Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Wiryanta mengatakan keberhasilan ini tak lain karena program-program yang digulirkan Pemerintah tersebut tepat sasaran.

Republika 22-04-2019