Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Pekerja Sosial Supervisor Selenggarakan Coaching FDS Bagi Pendamping PKH Kota Bekasi


Sumber : Raden Dika Permatadiraja Pekerja Sosial Supervisor PKH Kota Bekasi
Posting : Joko Hariyanto
Tanggal : 2018-11-08


Bagikan Berita

Bekasi (8 November 2018) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pendamping PKH Kota Bekasi saat melaksanakan Family Development Session (FDS) atau biasa disebut Pertemuan Peningkatkan Kemampuan Keluarga (P2K2), PKH Kota Bekasi melalui Pekerja Sosial Supervisor selenggarakan coaching FDS bagi pendamping PKH. 

“Saya mengapresiasi Pekerja Sosial Supervisor yang telah melaksanakan tugasnya dengan melaksanakan coaching FDS kepada para pendamping, Insya Allah kegiatan ini sangat membantu pendamping PKH Kota Bekasi dalam menyampaikan proses FDS kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kota Bekasi” ujar Koordinator Kota PKH Kota Bekasi, Usep Satriana. 

Menurut Usep, pendamping PKH Kota Bekasi telah rutin selenggarakan FDS namun belum semua pendamping telah mengikuti Diklat FDS sehingga melalui coaching FDS ini lah pendamping PKH Kota Bekasi memiliki kesempatan untuk memperdalam materi-materi FDS. 

“Kedepan kita juga berharap dengan penerapan kegiatan FDS yang lebih baik maka dapat bermanfaat untuk kemajuan dan kemandirian bagi KPM PKH Kota Bekasi” tambah Usep.

Dihadiri oleh 41 pendamping, kegiatan coaching FDS diselenggarakan di sekretariat PKH Kota Bekasi yang difasilitasi oleh Pekerja Sosial Supervisor PKH Kota Bekasi yakni Ena Rusnadi Rodiah dan Raden Dika Permatadiraja. 

“Setiap satu bulan sekali kami melakukan coaching FDS bersama para pendamping PKH Kota Bekasi guna meningkatkan pemahaman pendamping tentang materi FDS; mengevaluasi pelaksanaan FDS; serta memberikan dukungan dan motivasi agar pendamping PKH sebagai fasilitator FDS dapat melaksanakan FDS jauh lebih baik lagi” ungkap Ena Rusnadi Rodiah. 

Pembahasan dalam coaching FDS disesuaikan dengan materi yang terdapat dalam modul FDS seperti modul pengasuhan dan pendidikan anak, modul pengelolaan keuangan dan perencenaan usaha, modul kesehatan dan gizi, modul perlindungan anak serta modul kesejahteraan sosial. 

Untuk pertemuan coaching FDS kali ini, Pekerja Sosial Supervisor dan Pendamping PKH Kota Bekasi telah membahas materi sesi 4 membantu anak sukses di sekolah atau telah menyelesaikan pembahasan modul pertama yakni modul pengasuhan dan pendidikan anak, tambah Ena. 

“Dengan adanya coaching FDS bagi pendamping PKH Kota Bekasi maka pendamping sebagai fasilitator FDS diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan seperti memandu FDS dengan baik dan benar, meningkatkan teknik public speaking dan mampu memahami materi-materi FDS dengan komprehensif”, ujar Ena. 

Pendamping PKH Bertukar Pikiran tentang FDS

Diana Maharani salah satu Pendamping PKH Kota Bekasi mengungkapkan tentang coaching FDS. “Melalui coaching FDS maka kita dapat memahami materi-materi FDS serta memiliki persiapan dalam mengaplikasikannya saat laksanakan FDS bersama KPM”. Ujarnya setelah selesai mengikuti kegiatan coaching FDS. 

Menurut Diana, selama melaksanakan FDS di lapangan bersama KPM. Pendamping dihadapkan dengan berbagai macam kendala seperti ketidakhadiran KPM dalam kegiatan FDS, semangat KPM dalam mengikuti FDS menurun, dan lain sebagainya. 

“Dengan adanya pertemuan rutin dalam membahas secara khusus seputar FDS maka kita dapat berdiskusi atau bertukar pikiran dengan Koordinator Kota, Pekerja Sosial Supervisor dan rekan-rekan Pendamping PKH lainnya guna menemukan solusi serta mengatasi kendala-kendala pendamping selama melaksanakan FDS”, ungkap Diana. 

Raden Dika Permatadiraja
Pekerja Sosial Supervisor PKH Kota Bekasi