Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Berenang Membawa Ayu Mengharumkan Nama Indonesia di Internasional


Sumber : Pekerja Sosial Supervisor Agnanta Mutia Dara PKH Kota Padang Panjan, Sumatera Barat.
Posting : Joko Hariyanto
Tanggal : 2018-11-22


Bagikan Berita

Padang (19 November 2018) Program Keluarga Harapan tidak hanya menghasilkan perbaikan ekonomi bagi Keluarga Penerima Manfaat belaka. Akan tetapi program ini juga telah menghasilkan anak-anak yang berprestasi diberbagai bidang termasuk olahraga seperti Ayu anak dari bapak Eri dan ibu Teti KPM PKH Kota Padang Panjang. Putri kedua dari empat bersaudara ini berhasil mengharumkan nama bangsa lewat cabang olah-raga berenang. Bakat otodidak siswi kelas XI SMA Sore Kota Padang ini membawanya meraih berbagai medali dan penghargaan tidak hanya ditingkat nasional tetapi juga mampu membawa nama Indonesia dikancah internasional. 

Ayu lahir dari keluarga yang sagat sederhana ayahnya bekerja sebagai buruh serabutan dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Namun, hal itu tidak menyurutkan langkah ayu untuk terus berprestasi. Ibu Teti mengaku bangka dengan prestasi yang telah diraih putrinya dan berharap Ayu terus mampu mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. “Saya sangat bangga dengan semangat ayu dan kerja kerasnya selama ini telah membuahkan hasil. Kita berasal dari keluarga tidak mampu yang mendapatkan bantuan PKH dari pemerintah sejak tahun 2016,” kata ibu Teti.  

Adapun catatan prestasi Ayu dari tahun 2016-2017: 

  • • Juara 3 renang gaya bebas 50 m putri (PAPERNAS) Pekan Paralympic Pelajar Nasional XV di Jawa Barat tahun 2016, 
  • • Juara 2 Pekan Paralympic Pelajar Nasional (PEPARPENAS) VIII di Jawa Tengah tahun 2017,
  • • Juara 3 pekan Paralympic Pelajar Nasional (PEPARPENAS) VIII di Jawa Tengah tahun 2017, 
  • • Juara 2 Renang gaya dada 50 m Asean Para Games di Malaysia 2017
  • • Juara 3 Renang gaya dada 100 m putri Asean Para Games di Malaysia 2017
  • • Juara 3 Renang gaya bebas 50 m Putri Asean Para  Games di Malaysia 2017

Ayu berterimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukungnya dan sudah membantu keluarganya, terutama pada program PKH.  “PKH sudah membantu saya sekolah dan membantu keluarga saya untuk memenuhi kebutuhan saya dan adik-adik” kata Ayu. 

Saat ditanya oleh Peksos Supervisor Ayu bercita-cita ingin menjadi apa, Ayu menjawab saya ingin menjadi Atlet Kebanggan Keluarga, Masyarakat dan Dunia, Ayu juga mengatakan akan melanjutkan sekolah setinggi mungkin karena itu adalah cita-citanya dan orangtuanya.

Sementara waktu Ayu tidak akan ikut berlomba karena ayu cidera otot dan hanya fokus pada pemulihan ototnya dan fokus pada sekolahnya. Ayu juga mengatakan tak malu mempunyai keluarga yang kurang berkecukupan karena doa orang tualah yang membawanya hingga berprestasi sampai saat sekarang ini. 

 

(Padang Panjang, 19 November 2018) Pekerja Sosial Supervisor Agnanta Mutia Dara PKH Kota Padang Panjan, Sumatera Barat.