Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Terciduk.. Pendamping PKH "Malam Mingguan" bersama KPM


Sumber : SPV PKH Kabupaten Lebong Meriyanto, S, Sos.
Posting : Joko Hariyanto
Tanggal : 2018-11-24


Bagikan Berita

Lebong (24 NOVEMBER 2018) - Malam minggu biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk bersantai, beristirahat, bahkan sebagian kaula muda memanfaatkan malam minggu untuk memadu kasih bersama pasangannya.

Namun hal berbeda dilakukan Tamrin, S,Pd salah satu pendamping PKH Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong.   Malam minggu justru dimanfaatkannya untuk bertemu dengan KPM dampingannya guna melaksanakan kegiatan P2K2.

Tamrin, S,Pd yang dikenal ramah dan akrab dimata para dampingannya. Ia memilih malam minggu sebagai waktu untuk melakukan P2K2 karena mayoritas KPM dampingannya adalah buruh tani."Malam hari saya dijadikan waktu pertemuan karena mereka pada siang hari harus bekerja di kebun-kebun baik itu kebun sendiri ataupun kebun orang lain," kata Thamrin.

Malam itu, Tamrin menyampaikan modul ekonomi kepada para KPM.  Ia menyampaikan materi pada sesi satu dengan baik dan rinci, hingga dapat dipahami dengan baik oleh para KPM. 

"Hampir disetiap kesempatan saya berharap kepada KPM untuk dapat menerapkan setiap materi yang telah disampaikannya," tambahnya.

Salah satu yang hangat dibicarakan oleh Pendamping PKH dan KPM nya pada sesi ini adalah bagaimana kiat agar dapat "STOP GALI LOBNG TUTUP LOBANG".

Thamrin meminta KPM untk menghentikan prilaku gali lobang tutup lobang dengan merencanakan dan menatur pengeluaran keluarga,  menabung,  dan merencanakan dengan baik. 

Mendengarkan penjelasan Thamrin, ibu-ibu KPM sangat antusias. Mereka mengikuti peretemuan ini dengan semangat karena sangat Vital dalam kehidupan berumah tangga. 

"Selama ini KPM terkadang masih belum dapat membedakan apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang hnya sekedar Keinginan," jelasnya. 

Di akhir kegiatan P2K2 pendamping PKH tak bosan untuk mengingatkan KPM Dampingannya untuk dpat mencoba menerapkan materi yang sudah disampikan, dan berharap untuk terus aktif serta datang pada P2K2 pada bulan depan.

Pendamping PKH Kecamatam Bingin Kuning Kabupaten Lebong
Tamrin, S, Pd.

SPV PKH Kabupaten Lebong
Meriyanto, S, Sos.