Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

EKONOMI TERCUKUPI, SRI SUHARTI KELUAR DARI KPM PKH


Sumber : Subejo Pekerja Sosial Supervisor PKH  Kota Balikpapan  
Posting : Joko Hariyanto
Tanggal : 2019-02-27


Bagikan Berita

Balikpapan – Berawal dari kegiatan P2K2 yang dirutin dilaksanakan oleh Pendamping PKH Kasanova di wilayah Balikpapan Utara. Ketika sedang berlangsung kegiatan P2K2, salah satu KPM PKH bernama Sri Suharti mengangkat tangan dan mengatakan kepada Pendamping PKH Kasanova bahwa beliau mengajukan diri keluar dari kepesertaan PKH karena kehidupan keluarganya sudah sejahtera dan mandiri. 

Sri Suharti merupakan kepesertaan PKH tahun 2013 beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km. 17 Rt. 39 Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara. Ia sudah menjadi peserta PKH selama enam tahun. Sri Suharti dulunya pernah menjadi pengajar PAUD namun sekarang sudah tidak mengajar lagi. Setelah itu kegiatan sehari-hari hanya sebagai ibu rumah tangga, terkadang juga ia membantu dagangan orang tuanya. Sedangkan suaminya bekerja sebagai security di Bank Mandiri tapi saat itu statusnya masih outsourching. 

Suaminya sudah bekerja sebagai security di Bank Mandiri selama enam belas tahun. Pada tahun 2017, suaminya diangkat menjadi karyawan tetap Bank Mandiri. Semenjak suaminya sudah menjadi karyawan tetap, kehidupan ekonomi keluarganya pun mulai berkecukupan. Sebelumnya Sri Suharti bersama keluarganya masih tinggal di rumah orang tuanya namun kini sudah bisa memiliki rumah sendiri. Ungkapnya Sri Suharti. 

Kondisi ekonomi keluarga yang sudah sejahtera, Sri Suharti pun sadar bahwa ia sudah tidak berhak lagi mendapatkan dana bansos PKH Kementerian Sosial RI mendingan dialihkan kepada keluarga yang membutuhkan sehingga lebih bermanfaat. Kata Sri Suharti. 

Pendamping PKH Kasanova mengatakan bahwa Sri Suharti pertama mendapatkan dana bansos PKH dari komponen balita kemudian beralih ke anak sekolah. Ia pun merasa senang dan mengapresiasi atas keputusan yang diambil KPM PKH Sri Suharti. Bagi dirinya ini untuk kesekian kalinya, KPM PKH dampingannya mengundurkan diri secara sukarela dikarenakan sudah sejahtera dan mandiri. Semoga saja makin bertambah KPM PKH yang mengajukan graduasi mandiri di wilayah dampingannya kecamatan Balikpapan utara sehingga bisa lebih cepat mengurangi angka kemiskinan. Pungkasnya. 

 

Subejo

Pekerja Sosial Supervisor PKH 

Kota Balikpapan