Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Ubah Pola Pikir Konsuntif Jadi Produktif


Sumber : Radar Tasik
Posting : Joko Hariyanto
Tanggal : 2019-05-15


Bagikan Berita

Kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) RW 04 Dusun Cigadung Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman menekuni budidaya berbagai macam jenis ikan tawar.

Melalui kegiatan itu, pendamping PKH Kecamatan Pataruman Asep Dani Cahyadi berharap ibu-ibu KPM tidak konsumtif, tapi bisa produktif.

“Harapannya bisa merubah mindset dari konsumtif jadi produktif,” ujarnya Senin (14/5). Menurut dia, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu tujuan dari PKH, supaya ibu-ibu bisa mandiri.

Dia menuturkan budidaya ikan dipilih karena Desa Karyamukti memiliki potensi yakni memiliki banyak kolam ikan, khususnya di RW 04 Dusun Cigadung.

“Dari sana berpikir kenapa tidak dimanfaatkan. Apalagi bisa menghasilkan uang tambahan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya ibu-ibu PKH,” katanya.

Selain di RW 04, di RW 03 Dusun Cigadung ibu-ibu PKH juga terjun ke bidang perkebunan. Mereka menanam berbagai jenis tanaman, seperti kacang merah, sereh dan lainnya.

“Kita akan terus melakukan inovasi, supaya ibu-ibu PKH bisa mandiri sehingga tidak lagi mengharapkan bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.