Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Berita Terkini

Sukses Buka Usaha 19 KPM Cikancung Mengundurkan Diri Dari PKH

Sebanyak 19 peserta keluarga penerima manfaat dalam program keluarga harapan (KPM PKH) di Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung dengan sukarela mengundurkan diri dari kepesertaan tersebut. Dari 6.120 peserta KPM PKH di kecamatan tersebut, mereka mengundurkan diri tahun 2019 ini setelah ada perbaikan secara ekonomi. Mereka rata-rata masuk kepesertaan KPM PKH/kohor 2016 dan 2018.

Pikiran Rakyat 21-08-2019

KPM PKH Harus Kenalin Stunting

Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun. Lalu apa saja gejala atau tanda anak stunting? Tidak semua anak yang berperawakan lebih pendek mengalami stunting. Stunting merupakan keadaan tubuh yang sangat pendek dilihat dari standar baku pengukuran tinggi badan menurut usia berdasarkan standar WHO.

Kemenkes, Hallo Sehat 20-08-2019

Atasi Masalah Lingkungan, KPM PKH Desa Aikmel Timur Bank Sampah

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah hadir dalam sosialisasi dan peresmian bank sampah KPM Program Keluarga Harapan (PKH) Al-Fadilah di Aik Mel, Lombok Timur, NTB, Selasa (13/8/2019). "Adanya bank sampah yang dibentuk oleh KPM PKH Al-Fadilah bisa menjadi contoh bagi pendamping PKH se NTB, sehingga program pemerintah bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Pendamping PKH Desa Aikmel Timur berani melakukan kegiatan pendampingan dengan edukasi masalah lingkungan hidup," katanya.

InfoPublik 19-08-2019

Papua dan Papuan Barat Jadi Prioritas Penyaluran PKH Tahap IV

Pemerintah prioritaskan propinsi Papua dan Papua Barat dalam penyaluran program keluarga harapan (PKH) tahap IV pada November 2019 mendatang. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengatakan di kedua propinsi tersebut masih ada daerah yang belum tersentuh bantuan PKH. Daerah itu antara lain Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Tambrauw. 

Valid News 19-08-2019

Yuk KPM PKH Cegah Kanker

Apa yang ada dibenak saudara mendengar kata kanker ? tentu yang terpikirkan adalah penyakit yang sangat membahayakan dan menyebabkan orang meninggal dunia. Penyakit ini tidak mengenal status sosial masyarakat. Kanker dapat menyerang keluarga miskin hingga keluarga kaya.  Indonesia saat ini sedang mengalami transisi epidemiologi dari penyakit menular ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018 diketahui bahwa terjadi peningkatan prevalensi kanker yang cukup signifikan yaitu sebesar 28% dan beberapa indikator GERMAS belum menunjukkan perbaikan dibandingkan Riskesdas 2013. Dibutuhkan upaya lebih kuat dalam mendorong implementasi Program Penanggulangan Kanker Nasional terutama upaya promotif dan preventif melalui GERMAS.

Kemenkes 19-08-2019

PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) SIGNIFIKAN TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU HIDUP SEHAT KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM)

Survei independen MicroSave Consulting Indonesia dalam kerangka kerjasama antara Kementerian Sosial RI dan Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) signifikan terhadap perubahan perilaku hidup sehat Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Artinya PKH telah mampu mendorong perubahan perilaku KPM di bidang kesehatan khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi dan kesehatan anak usia 1-6 tahun.

Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial 14-08-2019

137.971 Keluarga Ditargetkan Lepas dari Kemiskinan 2019 Ini

Pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial RI menargetkan sebanyak 137.971 KPM (keluarga penerima manfaat) graduasi sebagai penerima bantuan program keluarga harapan (PKH). Saat ini, dari jumlah 1.701.667 KPM yang ada di Jawa Barat sebanyak 67.010 KPM telah graduasi mandiri. 

Pikiran Rakyat 13-08-2019

PKH Dorong Prestasi Anak KPM

PKH ada beberapa komponen yang menjadi acuan. Komponen tersebut salah satunya adalah komponen pendidikan dengan kriteria anak SD/MI atau sederajat, anak SMP/MTs atau sederajat, anak SMA/MA atau sederajat, dan anak usia 6 sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Tujuan PKH dalam komponen pendidikan adalah menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM dalam mengakses layanan pendidikan. Para penerima PKH menunjukkan respon positif terhadap bantuan PKH yang diberikan berkaitan dengan komponen pendidikan. Survei MicroSave Consulting Indonesia menunjukkan jika KPM menggunakan sebagian besar dana PKH untuk keperluan sekolah.

Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial 12-08-2019

Program Keluarga Harapan (PKH) Signifikan Ubah Perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengatakan pemerintah menggulirkan PKH sejak 2007 sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Badan Pusat Statistik menyebutkan terjadi penurunan angka kemiskinan sebesar 0,41 persen pada Maret 2019 dibanding Maret 2018. Artinya dalam satu tahun, ada 0,41 persen atau 0,80 juta jiwa masyarakat terentaskan dari kemiskinan.

Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial 06-08-2019

Tingkatkan Akurasi Data dan Kualitas PKH, Kemensos Terapkan e-PKH

Kementerian Sosial mulai menggunakan aplikasi e-PKH untuk melakukan penyaluran tahap III keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) tahun 2019.  Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengatakan penerapan teknologi ini untuk memudahkan business procces pelaksanaan PKH. Diharapkan dapat memberi kemudahan bagi SDM PKH dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan. 

Joko Hariyanto 01-08-2019