Program Keluarga Harapan

Meraih Keluarga Sejahtera

KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

Berita Terkini

1.254 KPM PKH Mitra Dicoret

Sebanyak 1.254 Keluarga Penerima Manfaat dikeluarkan dari daftar penerima Program Keluarga Harapan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Kepala Dinas Sosial Mitra Franky Wowor menegaskan dikeluarkannya para KPM tersebut karena telah dianggap mampu. 

Antara 14-10-2019

31 Warga Kampung Magalitikum Gurusina Mendapatkan PKH 

Sebanyak 31 warga kampung megalitimum Gurusina akan mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan. Kepala Sub Direktorat Validasi dan Ditermintasi Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Moch Slamet Santoso mengaku telah mengirimkan tim untuk melakukan validasi dan diterminasi terhadap 27 calon keluarga penerima manfaat di kampung Gurusina.  “Tim sudah berkejad sejak kemarin disana. Mereka akan meneliti satu persatu apakah calon KPM ini mempunyai unsur PKH atau tidak,” kata Slamet. 

Tim Validasi JSK Kemensos 11-10-2019

60 Koordinator PKH Regional Papua dan Maluku Antusias Ikuti Bimbingan Pemantapan

Denpasar, Sebanyak 60 orang koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) regional Papua dan Maluku antusias mengikuti bimbingan pemantapan (bimtap) koordinator PKH di Kota Denpasar Bali.  Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengajak para koordinator untuk bekerja keras memanfaatkan sistem sumber dalam advokasi hak-hak keluarga penerima manfaat (KPM) PKH. "Para koordinator harus pandai mengidentifikasi primary stake holders demi kepentingan bisnis proses PKH," saran Harry.

Herman Susilo 10-10-2019

Bupati Purworejo : PKH Dapat Membantu Menurunkan Kemiskinan

Sebanyak 15 ribu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Kabupaten Purworejo mengikuti gebyar PKH di Alun-alun Purworejo, Rabu (9/10/2019). Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan PKH merupakan bantuan sosial bersyarat. Untuk itu, KPM PKH harus memenuhi segala ketentuan yang ada dalam program tersebut seperti mengikuti pertemuan penguatan kemampuan keluarga atau P2K2.  “Di dalam P2K2 yang difasilitasi pendamping PKH dan Peksos Supervisor KPM belajar tentang bagaimana mendidik dan mengasuh anak, bagaimana hidup sehat dan bagaimana mengelola keuangan keluarga serta Bagaimana memulai dan mengelola usaha. Dengan adanya pertemua tersebut saya berharap semakin banyak KPM yang bisa meningkat perekonomiannya,

Yudhi Harris Nurdian Tenaga Ahli Koordinasi Lintas Sektor Wilayah Tengah PKH 09-10-2019

1.350 KPM Kabupaten Bantul Mengundurkan Diri

Kerjasama Pemerintah Kabupaten Bantul dan SDM PKH meningkatkan perekonomi keluarga penerima manfaat menuai hasil. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya KPM PKH yang menyatakan mengundurkan diri dari penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) karena ekonominya sudah meningkat. "Tercatat, hingga akhir September 2019 sudah ada sebanyak 1.350 KPM di Kabupaten Bantul yang mengundurkan diri dari daftar penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pemkab Bantul, Didik Warsito disela-sela penyerahan bantuan untuk Wanita dengan Resiko Ekonomi Sosial (WRSE) dan Usaha Ekonomi Produktif di Manggala Sabha lantai 3 komplek kantor Bupati Bantul, Senin (7/10/2019).

times indonesia 08-10-2019

PKH Menyasar 43.098 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kuningan

Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicanangkan Kementerian Sosial RI untuk menekan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Kuningan, kini telah menyasar sebanyak 43.098 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program ini cukup membantu warga miskin dalam meningkatkan kesejahteraan, khususnya dalam hal pelayanan sosial dasar. “Langkah ini sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin, dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial mereka. Sekaligus sebagai salah satu upaya memotong mata rantai kemiskinan yang terjadi selama ini,” kata Koordinator PKH Kuningan, Ir Endi Suhendi, Selasa (8/10).

Kumparan 08-10-2019

Niati KPM PKH Malang Sukses Dagang Pecel

Niati pedagang pecel di Kota Malang, Sabtu (3/8) mengembalikan program Peserta Keluarga Harapan (PKH) kepada Dinas Sosial setempat. Niati mengaku sudah mampu dan ingin memberikan kesempatan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lain agar mendapat kuota PKH.

Radar Malang 07-10-2019

Doa Ini Membuat KPM Mengundurkan Diri

Ribuan kepala keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) mengundurkan diri dari statusnya sebagai Keluarga Penerima Manfaar (PKM) dengan berbagai alasan. Fakta yang ada di Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Cilacap dan lainnya ada puluhan ribu KK menolak bantuan itu karena merasa sudah mampu.

ribunSolo.com dari TribunJateng.com, 30-09-2019

SDM PKH Ramaikan Pesta Budaya Tani

Memperingati Hari Tani, Ratusan perempuan di lereng Gunung Merapi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang menggelar pesta budaya. Aneka menu olahan hasil panen raya disuguhkan dalam acara di Kantor Desa Sumber pada Selasa (24/9). Kegiatan itu digelar oleh Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) "Tani Mandiri Berdikari Sejahtera" Kecamatan Dukun, Kementerian Sosial RI, Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, dan Forkopimcam Dukun. 

Arif Korwil Jateng, Berita Magelang 26-09-2019

ePKH Solusi Validasi Era Digital

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat mengatakan aplikasi berbasis digital e-PKH Program Keluarga Harapan (PKH) untuk meningkatkan akurasi data dan memastikan penyaluran bansos berjalan efektif termasuk di Provinsi Jawa Timur. "e-PKH adalah terobosan berbasis digital yang dilakukan Kementerian Sosial yang membuktikan bahwa PKH telah siap menyongsong era insdustri 4.0, era big data, era internet. Sistem ini juga ditujukan untuk meminimalisir adanya bantuan yang salah sasaran," kata Harry di Surabaya, Rabu (25/9)

Joko Hariyanto 25-09-2019